Media Pembelajaran Berbasis Manusia
Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai media berbasis manusia ini sebagai berikut.
Media pembelajaran
berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan
mengkomunikasikan pesan atau informasi. Media ini bermanfaat khususnya bila
tujuan kita adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantauan
pembelajaran siswa. Misalnya, media manusia dapat mengarahkan dan mempengaruhi
proses belajar melalui eksplorasi terbimbing dengan menganalisis dari waktu ke
waktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar. Pertanyaan yang timbul adalah
“Bagaimana kita dapat menggunakan komunikasi tatap muka antar-manusia agar
pelaksanaan rencana pembelajaran efektif?”.
Media berbasis manusia
mengajukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat pada masalah
dan bertanya ala Socrates. Salah satu contoh yang terkenal dalam media manusia
adalah gaya tutorial Socrates. Sistem ini tentu dapat menggabungkannya dengan
media visual lain. Sedangkan rancangan pembelajaran yang berpusat pada masalah
di bangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh pelajar.
Langkah-langkah rancangan jenis pembelajaran ini, yaitu:
- Merumuskan masalah yang relevan.
- Mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang terkait untuk memecahkan masalah. Gunakan buku teks dan ceramah sebagai suber untuk menyajikan pengetahuan.
- Ajarkan mengapa pengetahuan itu penting dan bagaimana pengetahuan itu dapat diterapkan untuk memecahkan masalah.
- Tuntun eksplorasi siswa sebagai seorang instuktur untuk pelajaran pemecahan masalah, perannya adalah: 1) Membiarkan eksplorasi siswa tak terintangi, partisipati aktif dan bertanya; 2) Membantu siswa dalam menghubungkan pengetahuan baru dan yang terdahulu; 3) Membantu siswa membentuk dan menginternalisasi representasi masalah atau tugas; 4) Membantu siswa mengidentifikasi persamaan antara masalah baru dan pengalaman yang lalu yang berisikan masalah yang serupa, jaga agar pada awalnya analogi ini sangat sederhana; 5) Berikan umpan balik mengenai benar atau salahnya jalan pikiran dan jalur pemecahan masalah;6) Gunakan representasi grafik masalah itu yang dihubungkan dengan uraian masalah verbal.
- Kembangkan masalah dalam konstek yang beragam dengan tahapan tingkat kerumitan
- Nilai pengetahuan siswa dengan memberikan masalah baru untuuk dipecahkan
Salah satu faktor
penting dalam pembelajaran dengan media bebasis manusia ialah rancangan
pelajaran yang interaktif. Dengan adanya manusia sebagai pemeran utama dalam
proses belajar maka kesempatan interaksi semakin terbuka lebar. Pelajaran
interaktif yang terstruktur dengan baik bukan hanya lebih menarik tetapi juga
memberikan kesempatan untuk percobaan mental dan pemacahan masalah yang
kreatif.
Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai media berbasis manusia ini sebagai berikut.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
....................
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas /Semester
|
:
VIII/2
|
Standar
Kompetensi
|
:
16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas
|
Kompetensi
Dasar
|
: 16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan
kata yang sesuai
|
Alokasi
Waktu
|
: 4
X 40 menit ( 2x Pertemuan )
|
1.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian( respect)
Tekun( diligence )
2.
Materi
Pembelajaran
a. Pengamatan
obyek model laki-laki
b. Pengamatan
obyek perempuan
3.
Metode
Pembelajaran
1. Tanya
jawab
2. Permodelan
3. Demonstrasi
4.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a)
Kegiatan
awal
§ Apersepsi :
a. Guru
meminta Peserta didik menyampaikan pengertian puisi sesuai kemampuan yang siswa
punya
b. Guru
dan Peserta didik bertanya jawab tentang proses penyusunan puisi yang pernah dialami
atau dikenal siswa
c. Guru
mendatangkan seseorang yang ahli mengenai pembelajaran puisi
§ Memotivasi :
a. Guru
memotivasi Peserta didik bahwa menulis puisi itu mudah dan dapat dilakukan
siapapun
b. Guru
memberikan keterangan dan informasi tentang puisi yang benar dengan pilihan
kata yang sesuai
c. Seseorang
ahli yang didatangkan guru juga memotivasi siswa bahwa menulis puisi itu mudah
b)
Kegiatan
Inti.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Mampu
bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang
tepat
b. Memfasilitasi
Peserta didik dengan mendatangkan seseorang ahli dalam bidang puisi kemudian
memaparkan dan menjelaskan pembelajaran puisi dengan pemilihan kata yang
sesuai.
c. Setelah
Peserta didik mendapat informasi dari
pemaparan seseorang ahli, guru menyiapkan obyek atau model laki-laki dan
perempuan didepan kelas.
d. Peserta
didik mengamati obyek atau model laki-laki dan perempuan yang berdiri didepan
kelas berdasarkan pilihan kata yang tepat yang telah dijelaskan oleh seseorang
ahli.
e. Melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dari aneka sumber;
f. Menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
g. Memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
dan sumber belajar lainnya..
h. Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
a. Memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b. Peserta
didik berkelompok menjadi IV kelompok, kelompok I dan II menyusun puisi dari
obyek atau model laki-laki, kelompok III dan IV menyusun puisi dari obyek atau
model perempuan yang berdiri di depan kelas.
c. Setiap
kelompok menyajikan puisinya di papan tulis. Kelompok yang lain mengomentari
puisi dari segi kesesuaian dengan obyek atau model yang ada didepan kelas.
d. Peserta
didik berlatih secara individu menyusun puisi dengan mengamati salah satu
anggota keluarga yang ada dirumah (ayah, ibu, kakak, adik).(penulisan dijadikan
tugas di rumah).
e. Setiap
Peserta didik menampilkan hasilnya di papan tulis / di dinding kelas
f. Peserta
didik mengambil hasil karya yang ditempelkan di papan tulis dan menyunting puisi berdasarkan komentar
yang diterimanya
g. Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
h. Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
i.
Memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
j.
Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
a. Memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
c. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
d. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
·
berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·
membantu menyelesaikan masalah;
·
memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·
memberi informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh;
·
memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
e. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
f. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c)
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e. Guru
menjelaskan proses publikasi puisi yang dihasilkan siswa
5.
Sumber
Belajar
a.Seseorang yang
ahli dalam pembelajaran puisi
b. Obyek atau model
laki-laki dan perempuan
6.
Penilaian
· Penilaian proses dilaksanakan selama
pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mampu mendata obyek atau model laki-laki dan perempuan
yang akan dijadikan bahan
menulis puisi
·
Menulis puisi dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat
|
Portofolio
|
Lembar penilaian
protofolio
|
·
Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek atau model lki-laki dan perempuan dengan pilihan kata yang tepat!
·
Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih puitis!
·
Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk perbaikan puisi yang kamu
hasilkan!
|
Rubrik penilaian
No
|
Aspek
|
Skor
|
Skor maksimum
|
1
|
Keunikan puisi
|
2
|
|
2
|
Keindahan Kata
|
2
|
|
3
|
Gaya bahasa
|
1
|
|
4
|
Kesesuaian isi puisi
|
3
|
|
5
|
Keindahan perulangan bunyi
|
2
|
|
Jumlah Skor Maksimum
|
10
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar