Jumat, 25 Desember 2015

RPP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MANUSIA


 Media Pembelajaran Berbasis Manusia

Media pembelajaran berbasis manusia merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Media ini bermanfaat khususnya bila tujuan kita adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantauan pembelajaran siswa. Misalnya, media manusia dapat mengarahkan dan mempengaruhi proses belajar melalui eksplorasi terbimbing dengan menganalisis dari waktu ke waktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar. Pertanyaan yang timbul adalah “Bagaimana kita dapat menggunakan komunikasi tatap muka antar-manusia agar pelaksanaan rencana pembelajaran efektif?”.

Media berbasis manusia mengajukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat pada masalah dan bertanya ala Socrates. Salah satu contoh yang terkenal dalam media manusia adalah gaya tutorial Socrates. Sistem ini tentu dapat menggabungkannya dengan media visual lain. Sedangkan rancangan pembelajaran yang berpusat pada masalah di bangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh pelajar. Langkah-langkah rancangan jenis pembelajaran ini, yaitu:


  1. Merumuskan masalah yang relevan.
  2. Mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang terkait untuk memecahkan masalah. Gunakan buku teks dan ceramah sebagai suber untuk menyajikan pengetahuan.
  3. Ajarkan mengapa pengetahuan itu penting dan bagaimana pengetahuan itu dapat diterapkan untuk memecahkan masalah.
  4. Tuntun eksplorasi siswa sebagai seorang instuktur untuk pelajaran pemecahan masalah, perannya adalah:  1) Membiarkan eksplorasi siswa tak terintangi, partisipati aktif dan bertanya; 2) Membantu siswa dalam menghubungkan pengetahuan baru dan yang terdahulu; 3) Membantu siswa membentuk dan menginternalisasi representasi masalah atau tugas; 4) Membantu siswa mengidentifikasi persamaan antara masalah baru dan pengalaman yang lalu yang berisikan masalah yang serupa, jaga agar pada awalnya analogi ini sangat sederhana; 5) Berikan umpan balik mengenai benar atau salahnya jalan pikiran dan jalur pemecahan masalah;6) Gunakan representasi grafik masalah itu yang dihubungkan dengan uraian masalah verbal.
  5. Kembangkan masalah dalam konstek yang beragam dengan tahapan tingkat kerumitan
  6. Nilai pengetahuan siswa dengan memberikan masalah baru untuuk dipecahkan

Salah satu faktor penting dalam pembelajaran dengan media bebasis manusia ialah rancangan pelajaran yang interaktif. Dengan adanya manusia sebagai pemeran utama dalam proses belajar maka kesempatan interaksi semakin terbuka lebar. Pelajaran interaktif yang terstruktur dengan baik bukan hanya lebih menarik tetapi juga memberikan kesempatan untuk percobaan mental dan pemacahan masalah yang kreatif.

Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai media berbasis manusia ini sebagai berikut.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
: ....................    
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester
: VIII/2
Standar Kompetensi
: 16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas
Kompetensi Dasar
: 16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
Alokasi Waktu           
:   4  X  40 menit  ( 2x Pertemuan )
                                   
1.      Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian( respect)
Tekun( diligence

2.      Materi Pembelajaran
a.       Pengamatan obyek model laki-laki
b.      Pengamatan obyek perempuan

3.      Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab
2.      Permodelan
3.      Demonstrasi

4.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a)      Kegiatan awal
§  Apersepsi :
a.       Guru meminta Peserta didik menyampaikan pengertian puisi sesuai kemampuan yang siswa punya
b.      Guru dan Peserta didik bertanya jawab tentang proses penyusunan puisi yang pernah dialami atau dikenal siswa
c.       Guru mendatangkan seseorang yang ahli mengenai pembelajaran puisi
§ Memotivasi :
a.       Guru memotivasi Peserta didik bahwa menulis puisi itu mudah dan dapat dilakukan siapapun
b.      Guru memberikan keterangan dan informasi tentang puisi yang benar dengan pilihan kata yang sesuai
c.       Seseorang ahli yang didatangkan guru juga memotivasi siswa bahwa menulis puisi itu mudah
b)     Kegiatan Inti.

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
b.      Memfasilitasi Peserta didik dengan mendatangkan seseorang ahli dalam bidang puisi kemudian memaparkan dan menjelaskan pembelajaran puisi dengan pemilihan kata yang sesuai.
c.       Setelah Peserta didik  mendapat informasi dari pemaparan seseorang ahli, guru menyiapkan obyek atau model laki-laki dan perempuan didepan kelas.
d.      Peserta didik mengamati obyek atau model laki-laki dan perempuan yang berdiri didepan kelas berdasarkan pilihan kata yang tepat yang telah dijelaskan oleh seseorang ahli.
e.       Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
f.       Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
g.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, dan sumber belajar lainnya..
h.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.



§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
b.      Peserta didik berkelompok menjadi IV kelompok, kelompok I dan II menyusun puisi dari obyek atau model laki-laki, kelompok III dan IV menyusun puisi dari obyek atau model perempuan yang berdiri di depan kelas.
c.       Setiap kelompok menyajikan puisinya di papan tulis. Kelompok yang lain mengomentari puisi dari segi kesesuaian dengan obyek atau model yang ada didepan kelas.
d.      Peserta didik berlatih secara individu menyusun puisi dengan mengamati salah satu anggota keluarga yang ada dirumah (ayah, ibu, kakak, adik).(penulisan dijadikan tugas di rumah).
e.       Setiap Peserta didik menampilkan hasilnya di papan tulis / di dinding kelas
f.       Peserta didik mengambil hasil karya yang ditempelkan di papan tulis  dan menyunting puisi berdasarkan komentar yang diterimanya
g.      Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
h.      Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
i.        Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
j.        Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
                        Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.       Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.      Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·         berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·         membantu menyelesaikan masalah;
·         memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·         memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·         memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
e.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
f.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c)      Kegiatan Akhir
                        Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.       Guru menjelaskan proses publikasi puisi yang dihasilkan siswa

5.      Sumber Belajar
            a.Seseorang yang ahli dalam pembelajaran puisi
            b. Obyek atau model laki-laki dan perempuan








6.      Penilaian
·     Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu mendata obyek atau model laki-laki dan perempuan yang akan dijadikan bahan menulis puisi
·   Menulis puisi dengan  menggu­nakan pilihan kata yang tepat
Portofolio
Lembar penilaian protofolio
·    Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek atau  model lki-laki dan perempuan dengan pilih­an kata yang tepat!
·    Suntinglah pui­simu sehingga menjadi lebih puitis!
·    Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk perbaikan puisi yang kamu hasilkan!

Rubrik penilaian
No
Aspek
Skor
Skor maksimum
1
Keunikan puisi

2
2
Keindahan Kata

2
3
Gaya bahasa

1
4
Kesesuaian isi puisi

3
5
Keindahan perulangan bunyi

2

Jumlah Skor Maksimum

10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar